Bagaimana Cara Menginstall Netbeans IDE


NetBeans merupakan source kode bebas dan terbuka dengan pengguna yang sangat pesat, memiliki 100 rekan dan terus meningkat. opensource proyek yang didirikan oleh perusahaan Sun Microsystems Juni tahun 2000 dan selalu menjadi sponsor utama. Netbeans mempunyai beberapa produk seperti platform netbeans dan netbeans Integrated Development Environment. Framework yang ada pada Platform Netbeans dapat digunakan kembali (reusable) untuk mengembangkan aplikasi desktop dan platform NetBeans bagi aplikasi desktop.

Netbeans juga digunakan programmer untuk menulis kode program, kemudian meng-kompilasi, serta mencari error lalu mempublikasikan program java netbeans yang ditulis dalam bahasa pemrograman java, dan program ini pun bebas untuk digunakan dan membuat program menjadi professional Desktop, Enterprise, Web, and Mobile Applications dengan bahasa Java, C/C++, dan bahkan bahasa dinamus seperti pemrograman JavaScript, Groovy, PHP, maupun Ruby.

Netbeans merupakan sebuah aplikasi yang berjalan di atas Swing yang basisnya Java Integrated Development Environment.Swing merupakan sebuah teknologi Java untuk mengembangkan Aplikasi desktop yang mampu berjalan pada berbagai platform lainnya seperti os Windows, Linux, Mac OS X maupun Solaris. IDE atau Integrated Development Environment yang merupakan lingkup pemrograman yang terintegrasi ke dalam suatu aplikasi perangkat lunak yang menyediakan GUI (Graphic User Interface), Code Editor atau text, kompilasi atau compiler dan debugger.

Berikut Fitur fitur dalam Netbeans,

SCC (Smart Code Completion) salah satu fitur yang mengusulkan nama variabel dari suatu tipe, melengkapi keyword dan mengusulkan parameter type pada sebuah fungsi atau method.

Bookmarking: Fitur selanjutnya pada Netbeans yang digunakan untuk menandai baris yang suatu saat hendak dimodifikasi.

Go To Commands: Fitur unik pada Netbeans yang digunakan untuk lompat ke deklarasi variabel, source code maupun file yang ada pada project yang sama.

Code Generator: Fitur selanjutnya dimana kita dapat meng-generate constructor, setter dan getter method atau fungsi lainnya.

Error Stripes: Fitur Java Netbeans, jika terdapat baris yang error maka akan ditandai dengan memberi highlight berwarna merah.

Berikut Fitur-fitur dari Platform Netbeans, antara lain:

  • Manajemen interface (misal: menu & toolbar).
  • Manajemen user settings.
  • Manajemen penyimpanan (memanajemen membuka dan menyimpan berbagai macam data).
  • Manajemen windows.
  • Wizard framework (mendukung dialog langkah demi langkah).

Salah satu yang menjadi kelebihan NetBeans GUI Builder adalah yang telah disebutkan diatas, yaitu GRATIS dan kompatibel.

NetBeans hanya mensupport 1 pengembangan Java GUI, yaitu Swing, yang padahal ada Graphical User Interface yang dikembangkan oleh Eclipse yang sudah populer yang bernama SWT dan JFace.

anda dapat mengunduh secara gratis di situs resmi netbeans[dot]org.

dalam tutorial saat ini, penginstalan Netbeans IDE software editor dengan versi 8.0.2.

dan untuk cara menginstall software editor Netbeans IDE,berikut langkah-langkahnya:

Sebelum melakukan penginstalan Netbeans, direkomendasikan untuk menginstall JDK (Java SE Development Kit ) terlebih dahulu. karena JDK merupakan perangkat atau tool untuk mengembangkan aplikasi java, karena class class java ada pada JDK. 

untuk mendownload jdk versi terbaru silahkan mengunjungi situs resminya 
di oracle[dot].com.

dalam penginstalan saat ini saya menggunakan JDK Versi 1.7.45.

langkah dalam menginstall JDK sangatlah mudah, cukup klik tombol next atau lanjut saja.

Jika telah selesai menginstall JDK, dan file setup Netbeans IDE telah berhasil di download,
buka atau klik double setup Netbeans IDE, dan tunggu beberapa saat hingga muncul form utama Netbeans  Installer, kemudian cukup klik tombol next dan centang persetujuan, hingga muncul langkah dimana akan kita letakkan lokasi tempat file instalasi Netbeas, dan lokasi file JDK,jika anda tidak ingin mengubahnya atau biarkan secara default klik saja tombol next, berikut screenshotnya.

     lalu Install, dan tunggu hingga proses instalasi berakhir sukses

 dan muncul pesan bahwa penginstalan software editor Netbeans IDE telah berhasil,
      berikut screenshoot halaman utama software editor Netbeans IDE versi 8.
      semoga bermanfaat :)

Bagaimana Cara Menginstall Netbeans IDE
Item Reviewed: Bagaimana Cara Menginstall Netbeans IDE 9 out of 10 based on 10 ratings. 9 user reviews.

0 Response to "Bagaimana Cara Menginstall Netbeans IDE"

Post a Comment

Ads Inside Post